Bahan Yang Mencemari Air

Bahan Yang Mencemari Air – Pencemaran air merupakan masuknya suatu zat, energi maupun komponen lainnya baik itu berupa makhluk hidup maupun benda mati ke dalam air. Hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas air sehingga air tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dimana bahan yang dapat mencemari air sendiri sangat beragam. Apabila bahan pencemar yang mencemari berbeda maka hasil pencemarannya juga akan berbeda.

Bahan Yang Mencemari Air

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang mencemari air :

Bahan Yang Mencemari Air

A. Berdasar Jenis Bahannya pencemar air dibedakan menjadi

  • Bahan pencemar fisik

Bahan pencemar fisik contohnya adalah seperti sampah, lumpur, pasir, limbah padat dan sebagainya.

  • Bahan pencemar kimia

Jenis bahan pencemar ini adalah seperti lemak, minyak, detergen, sabun, zat warna, karbohidrat, protein. Selain itu zat – zat anorganik seperti unsur bebas, logam berat, asam, basa, garam dan zat radioaktif.

  • Bahan pencemar biologis

Jenis bahan pencemar ini sendiri dibagi menjadi mikroorganisme patogen dan mikroorganisme yang pertumbuhannya tidak terkendali yang disebabkan eutrofikasi. Mikroorganisme patogen pada dasarnya berasal dari tinja manusia, dalam tinja tersebut setidaknya ada 4 jenis mikroorganisme yaitu virus, bakteri, protozoa dan cacing. Sedangkan jenis mikroorganisme seperti fitoplankton, ganggang dan eceng gondok merupakan jenis mikroorganisme yang pertumbuhannya tidak terkendali.

B. Berdasar Mudah tidaknya Terurai

Sedangkan berdasarkan penguraian secara biologis oleh bakteri yang ada di air maka bahan pencemar dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu bahan pencemar yang mudah terurai (biodegradable) dan bahan kimia yang sukar busuk (nonbiodegradable). Bahan pencemar yang mudah busuk misalnya karbohidrat Pencemaran Air, Penyebab dan Akibat Pencemaran Air, lemak dan protein, sedangkan bahan pencemar yang sukar busuk adalah seperti plastik, karet, kaca, kain, kayu, detergen ABS dan lain – lain yang dapat memakan waktu hingga bertahun – tahun lamanya.

Akibat pencemaran air

Dampak dari adanya pencemaran air ini adalah menurunnya kualitas air dan terganggunya fungsi air, pada batas tertentu badan – badan air mampu membersihkan atau memurnikan dirinya sendiri (self purification) terhadap bahan – bahan pencemar yang masuk ke dalamnya. Dikatakan tercemar adalah bila kemampuan tersebut sudah dilewati atau jauh melebihi batasnya, dampak negatif dari pencemaran ini antara lain adalah pengurangan oksigen terlarut, peningkatan derajat eutrofikasi, penurunan keanekaragaman biota air, penurunan kualitas air.

Selain itu dampak yang paling terasa adalah menurunnya tingkat pH air atau air berubah menjadi asam. Tentu air ini tidak layak untuk dikonsumsi, Anda sendiri dapat mengukur pH air tersebut menggunakan pH meter. Tentunya nilai pH air yang jauh di bawah 7 pH karena pencemaran adalah air yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *