Bahaya Pemanis Buatan

Bahaya Pemanis Buatan – Di zaman yang modern seperti sekarang ini sepertinya sangat susah untuk tidak mengkonsumsi makanan instan. Makanan utama hingga camilan kini sudah banyak tersedia dalam bentuk instan. Padahal makanan dan minuman instan mengandung berbagai bahan berbahaya seperti perasa dan pemanis buatan yang bila dikonsumsi terlalu rutin dapat membahayakan tubuh kita.

Bahaya Pemanis Buatan

Bila Anda menderita obesitas atau diabetes sebaiknya menghindari berbagai makanan dan minuman instan karena kandungan pemanis buatannya yang membahayakan Anda. Namun bahaya pemanis buatan tidak hanya itu saja, berikut adalah bahaya pemanis buatan yang dikonsumsi berlebihan :

  1. Menyebabkan kanker

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan dapat menyebabkan kanker darah atau kanker otak. Selain itu penyakit kronis seperti penyakit ginjal kronis, diabetes tipe 2, efek neurologis dan gangguan metabolisme juga mengintai bagi mereka yang rutin mengkonsumsi pemanis buatan.

Salah satu hal yang mengakibatkannya adalah sifat pemanis buatan yang cenderung asam meskipun memiliki rasa yang manis, Anda dapat membuktikannya dengan mengukurnya menggunakan pH meter atau mengujinya menggunakan kertas lakmus. Beberapa penelitian juga menunjukkan aktivitas sel kanker yang meningkat pada kondisi lingkungan yang asam.

  1. Picu kepanikan yang berujung depresi

Tahukah Anda ternyata mengkonsumsi pemanis buatan secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi serangan panik berlebihan. Hal ini menjadi lebih berbahaya jika Anda tidak dapat mengendalikannya maka dapat terkena depresi dan menyebabkan perubahan suasana hatinya. Jika hal ini terjadi tentu bukan hanya Anda saja yang mengalami dampak buruknya namun juga lingkungan sekitar Anda.

  1. Berat badan naik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa pemanis buatan dapat memicu kenaikan berat badan atau obesitas. Tentu bagi Anda yang sedang menjalani program diet harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan. Tidak hanya itu saja, Anda yang menderita diabetes juga harus menghindarinya.

  1. Bikin Anda kecanduan gula

Ternyata tidak hanya minuman yang berkafein saja yang dapat menyebabkan kecanduan, namun minuman yang mengandung pemanis buatan juga dapat membuat Anda untuk terus mengkonsumsi minuman yang manis. Menurut sebuah penelitian dari University of California, orang cenderung lebih mudah kecanduan produk pemanis buatan yang berlebihan dari pada gula alami, karenanya kurangi konsumsi minuman berpemanis buatan agar Anda tidak kecanduan.

  1. Tinggi zat kimia

Pemanis buatan dikembangkan secara artifisial untuk meniru rasa manis secara alami yang dihasilkan gula yang bahan dasarnya tentu banyak menggunakan zat kimia sintetis atau buatan. Oleh karena itu sebaiknya hindari konsumsi pemanis buatan karena dampaknya akan dirasakan tidak secara langsung, namun bila sudah terjadi akan sulit untuk diobati.

  1. Pengaruhi perkembangan janin

Bagi para ibu hamil juga sebaiknya jangan mengkonsumsi pemanis buatan karena dapat mempengaruhi perkembangan janin. Dalam sebuah studi penelitian juga mengungkapkan, konsumsi minuman berpemanis buatan juga dapat menyebabkan bayi lahir dalam kondisi prematur.

  1. Sulit fokus

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa kerusakan otak lebih rentan dialami oleh para pecandu minuman berpemanis buatan. Hal ini mengakibatkan seseorang menjadi sulit untuk berkonsentrasi atau fokus saat berfikir dan lama – kelamaan dapat menyebabkan pikun yang dapat berujung pada alzheimer yang menyakitkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *