Cara Memanggang Daging Sapi

Cara Memanggang Daging Sapi – Daging merupakan bahan makanan yang banyak digemari orang sehingga banyak yang mengolahnya. Makanan hewani berupa daging – dagingan memang memiliki rasa yang enak sehingga jenis makanan ini tidak pernah sepi peminat.

Cara Memanggang Daging Sapi

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, daging juga akan memnuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita selain dari sayuran atau buah. Olahan daging menjadi bistik menjadi salah satu olahan yang paling banyak diminati kebanyakan orang.

Tenderloin merupakan bagian daging sapi yang paling enak dibuat steak, Namun sayangnya sering kali saat Anda memasaknya sendiri di rumah tidak menghasilkan rasa yang seenak di restoran. Bila Anda ingin mencoba memasaknya sendiri di rumah maka ada beberapa cara memanggang daging sapi yang dapat Anda praktekan :

Simpan dalam lemari es selama satu jam

Mungkin belum banyak yang mengetahui cara ini, sebaiknya daging yang akan Anda masak disimpan pada lemari pendingin lebih dahulu selama 60 – 75 menit. Hal ini ternyata akan membantu mempercepat proses pematangan daging ketika dipanggang di dalam oven nantinya, selain itu teksturnya juga akan menjadi lebih lembut. Namun setelah dimasukkan ke dalam lemari pendingin sebaiknya daging dibiarkan dalam suhu ruangan selama beberapa saat lebih dulu sebelum Anda mulai memasaknya.

Panggang pada suhu 220 derajat Celcius

Setelah daging suhunya sama dengan suhu kamar maka selanjutnya Anda dapat memanggangnya dalam oven dengan suhu 220 derajat celcius, bila Anda menggunakan oven biasa (bukan listrik) Anda dapat memastikan suhunya dengan mengukurnya menggunakan termometer khusus untuk memasak. Pangganglah daging paling tidak hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Tekanan suhu yang rendah dalam lemari pendingin dengan suhu tinggi pada oven akan menghasilkan daging menjadi bertekstur lembut dan enak saat dimakan.

Bersihkan lemaknya

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghasilkan tekstur daging lebih enak dan tidak keras adalah dengan membersihkan sisa lemak. Bersihkan sisa daging yang ada pada daging menggunakan pisau yang runcing dan tajam untuk menyayat sisa – sisa lemak dalam daging. Hal ini juga akan memastikan kandungan protein dalam daging akan lebih banyak saat Anda makan.

Rendam dalam rempah

Irislah daging sesuai ukuran yang Anda sukai setelah dibersihkan dari lemaknya. Kemudian rendam daging dalam larutan rempah atau bumbu – bumbuan yang sudah Anda siapkan selama 30 menit atau sampai bumbu benar – benar meresap ke dalam daging. Taburi daging dengan lada hitam, jintan dan garam secukupnya kemudian masukkan dalam oven. Panggang dalam suhu 63 derajat Celcius selama 30 sampai 45 menit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *