Fakta Unik Tentang Benua Antartika

Fakta Unik Tentang Benua Antartika – Bumi kita memiliki daratan yang sangat luas yang disebut benua dan benua Antartika merupakan benua paling terpencil di dunia yang kontradiktif. Benua Antartika menjadi benua paling berbadai dan paling dingin di bumi, sekaligus paling rapuh dan sensitif yang membuatnya menjadi benua yang belum banyak terjamah.

Fakta Unik Tentang Benua Antartika

Benua Antartika yang berada di Kutub Selatan ini merupakan laboratorium alami raksasa yang digunakan untuk mempelajari bumi dan atmosfernya, serta perubahan lingkungan hidup secara global, termasuk perubahan yang ada hubungannya dengan kegiatan manusia.

Benua Antartika menjadi benua dengan curah hujan paling rendah namun es yang ada di benua ini menjadi cadangan air tawar bumi hingga 70% yang ada di bumi. Ketebalan es di benua ini juga sekitar 2.200 meter dan menjadikannya sebagai benua tertinggi  dan termasuk lima benua terluas yang ada di bumi.

Namun keunikan tentang benua Antartika tidak hanya itu saja, apa saja fakta unik tentang benua Antartika? berikut adalah beberapa keunikannya :

  1. Antartika pernah begitu hangat hingga pohon kelapa tumbuh di sepanjang pantainya dengan suhunya di atas 20 derajat Celcius, namun hal ini terjadi sekitar 53 juta tahun yang lalu.
  2. Seperti yang kita ketahui bahwa benua ini menjadi benua paling dingin yang suhu musim dinginnya tercatat dan terukur menggunakan termometer dapat mencapai -73 derajat Celcius. Bahkan pada 21 Juli 1983 rekor terdingin pada benua ini yang terpantau di Stasiun Vostok milik Russia di benua tersebut dapat mencapai –89,2 derajat C.
  3. Lapisan es benua Antartika mengandung sekitar 70% air tawar yang ada di dunia, pada beberapa tempat di benua ini bahkan lapisan es-nya dapat mencapai 4 km dan bila es-nya mencair maka permukaan laut dunia akan naik 60 – 65 meter. Hanya kurang dari 2% saja dari wilayah benua ini yang tidak tertutup es termasuk McMurdo Dry Valleys yang disebut sebagai tempat terkering di bumi.
  4. Walaupun lingkungannya sangat ekstrim namun tercatat ada sekitar 1.150 spesies jamur yang telah diidentifikasi bertahan hidup di Antartika, jamur dapat beradaptasi dengan sempurna pada suhu rendah yang ekstrim dengan siklus pembekuan dan pencairan yang terjadi berulang- ulang dan terus – menerus.
  5. Semua garis bujur yang kita gunakan untuk menentukan zona waktu bertemu di kedua kutub yaitu Utara dan Selatan sehingga menjadikanbenua Antartika memiliki seluruh zona waktu yang ada di dunia.
  6. Penduduk asli benua ini hanyalah alga, bakteri, lumut, lumut kerak, dua spesies tanaman bunga dan segelintir spesies serangga meskipun ada ribuan atau puluhan ribu keluarga yang tinggal namun mereka tidak menjadi penduduk tetap benua ini.
  7. Penjelajah asal Norwegia, Roald Amundsen adalah manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan dengan meninggalkan penjelajah Inggris Robert Falcon Scott di belakang yang datang pada tanggal 14 Desember 1911 dengan menancapkan bendera kebangsaanya disana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *