Fungsi Warna Pada Kemasan Produk

Fungsi Warna Pada Kemasan Produk – Tahukah Anda, kemasan suatu produk ternyata memiliki fungsi lebih dari hanya sekedar pembungkus produk tersebut, dari segi marketing maka kemasan memiliki fungsi lebih. Hal ini penting menjadi atensi terutama bagi bagi penjual untuk menjual produknya di pasar bebas.

Fungsi Warna Pada Kemasan Produk

Kemasan ini menjadi penting karena Anda tidak dapat mengawal secara langsung penjualan produk Anda di lapangan. Ternyata desain produk di lapangan dapat menjadi satu – satunya senjata untuk “melumpuhkan” keputusan pembelian klien saat support seperti hadirnya seorang SPG (Sales Promotion Girls) yang bertugas melakukan push marketing atau sekedar POS materials yang bertugas melakukan pull marketing tidak ada.

Selain itu desain produk yang menarik juga akan menjadi pembeda antara produk Anda dengan kompetitor Anda, jadi disini konsumen dapat membedakan antara produk Anda dengan kompetitor Anda karena lebih menarik. Tidak sampai disitu saja, saat konsumen menyentuh atau memegang produk Anda maka kemasan produk Anda harus mampu meyakinkan konsumen untuk lebih memilih produk Anda dibandingkan pesaing Anda. Oleh karena itu desain produk profesional menjadi penting kedudukannya dalam mempromosikan produk Anda.

Dalam desain produk profesional tentu akan erat kaitannya dengan warna yang menjadi faktor visual, lantas seberapa penting faktor warna tersebut? Karena desain produk / kemasan merupakan “diferensiator” atau pembeda dengan produk kompetitor, maka warna akan berfungsi sebagai media identifikasi. Warna disini akan menjadi identitas produk untuk memudahkan konsumen dalam mengenali produk kita.

Karenanya disini sangat disarankan agar warna desain kemasan sangat sesuai dengan karakter produknya, sebagai contoh warna kuning untuk minyak goreng, merah nyala untuk saos tomat, warna biru untuk sabun cream pencuci baju, warna putih untuk produk – produk pemutih dan sebagian obat, dsb. Jadi warna produk tersebut seolah akan berbicara kepada konsumen entah produk tersebut sudah memiliki brand atau belum.

Karenanya penting bagi produsen untuk memastikan kualitas kemasan produknya agar tetap terjaga terutama dalam segi warnanya. Proses produksi kemasan ini sangat memungkin kualitas warna turun atau tidak sesuai. Untuk memastikan kualitas warna kemasan produk tetap sama kini dapat dilakukan dengan mengukurnya menggunakan alat colorimeter atau alat ukur warna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *