Kenapa Minuman Bersoda Berbahaya

Kenapa Minuman Bersoda Berbahaya – Di zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali muncul makanan cepat saji maupun minuman ringan. Sebenarnya baik makanan maupun minuman tersebut bukan merupakan bahan makanan yang baik untuk tubuh.

Kenapa Minuman Bersoda Berbahaya

Salah satu produk yang harus Anda hindari adalah minuman bersoda, hal ini karena minuman bersoda mengandung berbagai bahan yang berbahaya untuk tubuh Anda. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa alasan kenapa minuman bersoda berbahaya untuk tubuh Anda :

1. Mengkonsumsi satu kaleng minuman bersoda sama halnya mengkonsumsi 10 sendok gula yang cukup untuk menghancurkan Vitamin B. Apabila kita kekurangan vitamin B dapat mengalami buruknya pencernaan, lemahnya tingkat kesehatan, tegangnya urat syaraf, pusing, sulit tidur, cemas hingga kejangnya otot.

2. Mengandung CO2 yang menyebabkan lambung tidak dapat menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan. Hal ini membuat minuman bersoda tidak baik diminum bersama makanan atau setelahnya karena dapat menggangu sistem pencernaan dan menyebabkan lambung tidak dapat menyerap sari – sari makanan.

3. Minuman bersoda mengandung kafein yang dapat meningkatkan frekuensi detak jantung, naiknya tekanan darah, gula dalam darah, bertambahnya keasaman lambung, bertambahnya hormon – hormon dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan radang dan terlukanya lambung serta usus dua belas jari.

4. Minuman bersoda dapat menyebabkan rapuh dan lemahnya tulang karena mengandung mengandung zat asam fosfor, bagi anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sebaiknya menghindari minuman bersoda karena dapat menganggu pertumbuhan tulang.

5. Mengandung senyawa asam fosforik, malik dan karboik yang berpotensi dapat merusak gigi karena menggerus lapisan pelindung gigi.

6. Kandungan berbagai bahan kimia buatan dalam minuman bersoda yang terakumulasi dapat menyebabkan kerusakan otak, hilangnya ingatan secara bertahap dan rusaknya fungsi hati.

7. Mengandung asam yang kuat sebagai contohnya Anda dapat menuangkan coca cola ke dalam kloset dan biarkan selama satu jam, setelah itu sikatlah dengan halus kloset tersebut maka semua bercak hitam dan belang akan hilang dengan mudah. Selain itu karat pada logam juga dapat dibersihkan menggunakan minuman bersoda ini, tentu bila masuk atau terkonsumsi tubuh akan sangat membahayakan.

8. Kandungan asam yang berbahaya pada minuman bersoda juga dapat membersihkan noda dari pakaian, Anda dapat mencoba mencuci pakaian dengan minuman bersoda yang dicampurkan ke dalam deterjen.

9. Derajat keasaman (pH) pada minuman bersoda seperti halnya Pepsi Cola dan Coca Cola bila diukur dengan pH meter dapat mencapai 3 – 4 pH yang tentunya sifatnya akan sangat asam. Nilai pH tersebut dapat meluruhkan gigi dan tulang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda untuk kesehatan tulang dan gigi Anda.

10. Larutan Calsium yang terkandung dalam minuman bersoda akan mengendap di tenggorokan, sel – sel kulit dan organ vital tubuh lainnya yang akan menyebabkan terganggunya fungsi ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *