Makanan yang Tak Boleh Disantap Berbarengan

Makanan yang Tak Boleh Disantap Berbarengan – Mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan kebutuhan kita sebagai manusia. Dengan makanan yang sehat maka nutrisi yang diperlukan tubuh kita dapat terpenuhi dengan baik. Makanan yang sehat juga akan menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita.

Makanan yang Tak Boleh Disantap Berbarengan

Banyak sekali berbagai jenis bahan makanan yang dapat kita konsumsi, namun tahukah Anda bahwa walaupun bahan makanan tersebut aman ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disantap secara bersamaan? Berikut adalah beberapa jenis bahan makanan yang tak boleh disantap bersamaan :

  1. Daging dengan asam

Siapa yang tidak suka ikan masak bumbu acar atau daging dengan saus tomat? ini merupakan dua makanan yang lazim dikonsumsi, namun sebenarnya dua jenis makanan tersebut bukanlah kombinasi yang baik. Tingkat keasaman asam lambung juga akan dipengaruhi dari jenis protein yang kita konsumsi.

Saat mengkonsumsi daging maka lambung kita akan meningkatkan produksi asam lambung untuk memecah protein daging tersebut, dalam kondisi ini maka lambung kita akan bersifat lebih asam dari biasanya. Apabila pH lambung kita sudah terlalu rendah / asam kemudian kita mengkonsumsi makanan asam lainnya maka hal ini dapat lebih menurunkan pH lambung sehingga akan terganggu fungsinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa suatu zat dikatakan asam bila memiliki pH dibawah 7 pH, tingkat keasaman suatu zat ini dapat diketahui dengan mengukurnya menggunakan pH meter dengan mudah. Namun bila kita hanya menggunakan air perasan jeruk nipis guna menghilangkan bau amis pada ikan maka boleh – boleh saja. Oleh karena itu bila kita banyak mengkonsumsi daging maka sebaiknya kita mengimbanginya dengan mengkonsumsi sayuran hijau atau buah yang tidak bersifat asam (keluarga jeruk).

  1. Es krim (atau susu) dengan buah

Melihat es krim yang dicampur dengan toping buah segar tentu akan sangat menggoda lidah kita bukan. Es krim yang manis ditambah dengan buah segar akan memberikan sensasi rasa tersendiri di lidah kita. Akan tetapi lagi – lagi kombinasi dua makanan tersebut bukanlah kombinasi yang baik untuk dikonsumsi bersamaan.

Es krim yang biasanya dibuat menggunakan susu sapi ini mengandung laktosa yang sebenarnya sebagian besar manusia tidak memiliki enzim pencerna laktosa sehingga sebenarnya es krim sulit untuk dicerna. Sedangkan buah sendiri akan dicerna dengan cepat oleh tubuh kita, jadi bila buah dikonsumsi bersama es krim maka buah juga akan dicerna lebih lama. Hal ini akan menghilangkan kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah, padahal nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh kita.

  1. Telur dengan ayam

Ternyata kombinasi antara telur dan ayam juga bukan kombinasi yang baik untuk dikonsumsi, pencernaan kita akan bekerja berat karena kandungan lemak keduanya. Akibatnya lemak yang berlebihan ini akan membuat lambung menjadi tidak merangsang aktivitas empedu dan pankreas, padahal proses pencernaan protein di usus dua belas jari sangat bergantung pada cairan empedu dan pankreas.

Selain kombinasi tersebut kombinasi makanan hewani lainnya seperti daging dengan telur, ikan dengan ayam, telur dengan susu, dan daging dengan ikan, juga bukan merupakan kombinasi yang baik. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi 1 jenis makanan hewani saja.

  1. Pati dengan asam

Jenis makanan berpati seperti roti, spagheti dan nasi dikombinasikan dengan makanan yang bersifat asam ternyata bisa mengakibatkan enzim pencerna pati tidak berfungsi dengan kondisi yang sangat asam. Apabila pencernaan kita terganggu maka proses selanjutnya juga akan terganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *