Manfaat Mikroorganisme Tanah

Manfaat Mikroorganisme Tanah – Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang ada di dalam tanah dan diyakini membantu dalam menyuburkan tanah. Selain itu mikroorganisme juga membantu tanaman budidaya lebih sehat dan tumbuh berkembang dengan baik.

Manfaat Mikroorganisme Tanah

Selain itu jenis organisme tanah seperti cacing tanah, bakteri dan lain sebagainya juga baik untuk kesuburan tanah, namun ada beberapa manfaat mikroorganisme dan organisme tanah tadi di dalam tanah yaitu :

  • Melancarkan aerasi tanah yang menyebabkan suplai oksigen tercukupi di dalam tanah
  • Akan menyuburkan tanah sehingga baik untuk pertanian maupun perkebunan
  • Mampu mengikat Nitrogen bebas di udara seperti yang dilakukan bakteri Rhizobium leguminosarum
  • Menjaga agar pH tanah tetap stabil karena adanya cacing tanah, Anda dapat mengujinya menggunakan soil pH meter pada tanah yang terdapat cacing
  • Mikroorganisme tanah berguna sebagai agen hayati yang mampu merombak senyawa organik menjadi anorganik yang nantinya akan menjadi unsur hara penting bagi tanah dan tumbuhan
  • Membantu dalam menjaga dan memelihara kelembaban tanah
  • Saat curah hujan hujan tinggi atau kadar air tanah terlalu berlebihan maka mikroorganisme membantu mencegah terjadinya erosi
  • Berguna dalam memperbaiki struktur tanah yang tandus atau rusak

Oleh karena itu dengan adanya aktivitas organisme tanah seperti halnya cacing tanah maka tanah tersebut dapat dikatakan subur. Sisa – sisa dedaunan, ranting, dan serta tanaman yang membusuk di tanah akan dimakan oleh cacing dan kemudian akan diubah menjadi senyawa organik dan anorganik yang dibutuhkan oleh kehidupan tanaman.

Apabila unsur organik di dalam tanah semakin banyak maka cacing tanah tersebut dapat berkembang biak di dalamnya sehingga akan menyuburkan tanah tersebut. apabila cacing tanah semakin banyak maka tanah tersebut juga dapat dikatakan semakin subur dan disukai tanaman dalam melakukan proses fisiologisnya. Selain faktor ketersediaan bahan organik, penggunaan pupuk organik / pupuk kandang juga dapat mengundang cacing tanah untuk datang dan menyuburkan tanah.

Selain cacing tanah, jenis bakteri seperti Rhizobium leguminosarum juga berperan penting sebagai bakteri yang mampu memfiksasi nitrogen bebas di udara yaitu dengan bersimbiosis dengan tanaman tanaman kacang / polong – polongan (leguminoceae). Tanah pertanian yang kaya akan bakteri tersebut maka tanahnya akan semakin subur sehingga akan membuat tanaman tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Bakteri Nitrosomonas sp, Azotobacter vinelandii dan Pesudomonas sp juga berperan dalam menyuburkan tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *