Cara Mengatasi Hama Tanaman Selada

Cara Mengatasi Hama Tanaman Selada – Bertanam memang menjadi hal yang menyenangkan, terlebih lagi bagi yang memiliki hobi tersebut. Namun tahukah Anda bahwa bertanam selada tidak akan lepas dari yang namanya ancaman serangga hama dan juga penyakit. Adanya dua ancaman tersebut tentu dapat menyebabkan tanaman selada menjadi gagal panen karena tanaman tersebut tidak layak untuk dikonsumsi.

Hama Tanaman Selada 

Cara Mengatasi Hama Tanaman Selada

Oleh sebab itu, untuk mengatasi hama tanaman selada tersebut dapat dilakukan dengan cara alami yaitu menggunakan bahan -bahan organik tanpa menggunakan bahan – bahan kimia. Cara tersebut umumnya digunakan oleh para petani sayuran organik untuk membuat tanaman sayuran tersebut tidak mengandung residu bahan kimia. Adapun beberapa hama pada tanaman selada yang dapat diatasi yaitu :

1. Hama siput

Siput merupakan jenis hama yang sifatnya sangat merusak karena dapat memakan daun selada hingga koyak. Untuk itu hama siput ini dapat diatasi dengan cara manual yaitu dengan mengambil secara manual dan dikumpulkan untuk dijadikan pakan ternak atau dapat dimusnahkan.

Apabila serangan hama tersebut sulit dikendalikan, maka Anda dapat menggunakan abu kayu dengan cara yang cukup mudah. Caranya yaitu dengan menaburkan abu kayu di sekeliling akar tanaman atau di dalam parit. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mencampurkan abu kayu dengan air, lalu semprotkan larutan tersebut ke tanaman.

2. Ulat jengkal

Ulat jengkal atau memiliki nama lain Trichoplusia sp. biasanya akan mengawali serangan dengan cara memakan bagian bawah tanaman.Kemudian ulat tersebut akan memakan daun – daun muda. Untuk mengendalikan serangan ulat tersebut, umumnya dapat dikendalikan dengan cara manual yaitu mengambil ulat tersebut yang terlihat di kebun lalu dimusnahkan.

Namun jika serangan ulat jengkal semakin meningkat dan masif, maka Anda dapat menggunakan kunir. Kunir tersebut dapat digunakan dengan cara menumbuk dan dicampurkan dengan urine sapi, lalu campur juga dengan air menggunakan perbandingan 1:2 – 6.

3. Kutu aphid hijau

Kutu aphid hijau atau dengan nama lain Myzus persicae Sulz merupakan hama yang dapat menyebabkan daun selada menjadi kuning, rapuh, hingga membuat tanaman menjadi kerdil. Tidak hanya itu saja, untuk kotoran yang dihasilkan kutu juga dapat mengundang kehadiran semut serta jamur jelaga yang dapat menyebabkan daun menjadi berwarna hitam. Perihal kondisi tersebut tentu dapat menyebabkan proses fotosintesis pada tanaman menjadi terganggu.

Untuk melakukan pengendalian pada kutu tersebut awalnya dapat dilakukan secara mekanis yaitu dengan menekan kutu hingga mati. Sebaiknya gunakan plastik mulsa hitam perak atau gunakan kertas aluminium untuk mengusir kutu. Hal ini dikarenakan plastik mulsa dapat memantulkan sinar matahari sehingga akan membuat kutu menjadi silau. Kutu aphid hijau juga dapat diatasi dengan cara menggunakan musuh alami atau predator kutu yaitu kumbang macan yang dapat memangsa larva atau kutu dewasa.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu