Cara Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Cara Menanam Sayuran Organik Di RumahCara menanam tanaman sayuran dengan menggunakan metode organik menjadi paling populer di kalangan ibu rumah tangga karena kemudahannya. Agar bisa mendapatkan produk yang berkualitas, segar, sehat dan lezat untuk kamu dan keluarga dapat dengan cara menanam sayur sendiri.

Cara Menanam Sayuran Organik Di Rumah

Metode tanam tanaman sayur dengan menggunakan teknik organik juga banyak digemari orang karena dilakukan tanpa ada campur tangan zat kimia. Walaupun lahan yang kamu miliki terbatas, cobalah untuk menerapkan cara menanam sayuran organik di pekarangan rumah. 

Cara Menanam Sayuran Organik di Pekarangan Rumah Untuk Pemula

Lahan yang tidak terlalu luas itu juga dapat dijadikan tempat yang bermanfaat untuk produksi sayur-sayuran. Berikut beberapa tips cara termudah menanam sayuran organik yang bisa kamu praktekkan sebagai pemula untuk di pekarangan rumah, antara lain :

1. Persiapkan Tanah yang Baik

Berbagai jenis tanaman akan mempunyai hasil produksi yang baik apabila ditanam pada tanah yang baik pula. Sehingga untuk itu buatlah tanah yang mengandung banyak bahan organik seperti kompos dan bahan lainnya.

2. Pilih Lahan yang Terkena Sinar Matahari

Lahan yang mendapat sinar matahari penuh merupakan lahan yang baik untuk menanam sayuran secara organik. Dengan waktu setidaknya 6 – 10 jam sehari, lahan sayuran tersebut harus tersinari.

3. Memilih Tanaman yang Tepat

Lakukan riset untuk mengetahui jenis sayuran dan varietas mana yang paling tepat untuk ditanam pada pekarangan milikmu, agar tanaman sayur organik berhasil. Selain itu pastikan pula mengenai keperluan sinar matahari, cara merawat, hingga proses pertumbuhannya.

4. Tanam Beberapa Bunga

Proses pertumbuhan sayuran bergantung pada penyerbukan yang dapat membantu tanaman tersebut dan sifat alam. Hal tersebut merupakan salah satu faktor keberhasilan cara menanam sayuran organik di pekarangan rumah. Oleh sebab itu dianjurkan tanamlah beberapa bunga di dalam atau dekat taman sayuran untuk mengundang lebah melakukan penyerbukan.

5. Gunakan Bibit Berkualitas

Agar cara menanam sayuran berhasil, cara yang dapat dilakukan adalah dengan membeli bibit-bibit organik sudah bersertifikat tanpa menggunakan bahan kimia lainnya atau pestisida.

6. Buat Kompos dan Mulsa Sendiri

Salah satu hal terbaik dalam menanam sayuran organik yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menyediakan banyak bahan organik seperti kompos dan lainnya. Kompos memiliki kegunaan yaitu dapat membantu tanah dalam mempertahankan kelembabannya dan sebagai nutrisi tanaman. 

Selain itu adapun cacing dan mikroba lain dalam tanah yang bisa membantu memperbaiki kondisi tanah. Cara membuat kompos sendiri juga dapat berasal dari potongan rumput, campuran daun, serta sampah rumah tangga seperti bubuk kopi dan kulit telur.

7. Mengetahui Arah Angin

Apabila rumah kita termasuk daerah yang berangin kencang, sebaiknya perhatikan posisi kebun dan cobalah untuk membuat pertahanan sendiri seperti dinding, teralis, membangun pagar tanaman atau struktur lain agar efek angin kencang tidak mempengaruhi tanaman sayur yang ditanam.

8. Tanaman Pendamping di Kebun Sayur

Agar dapat membantu meningkatkan hasil produksi, dapat juga dilakukan dengan cara mengkombinasikan sayuran dengan tumbuhan atau sayuran lainnya. Cara tersebut juga dapat meningkatkan rasa sayuran, meminimalisir penyakit dan mencegah serangga.

9. Membangun Bedengan

Membangun sebuah bedengan juga menjadi salah satu cara terbaik untuk keberhasilan menanam sayuran organik. Hal ini dapat memperpanjang musim tanam secara signifikan dan menyediakan sayuran-sayuran yang kamu miliki tumbuh.

Tanaman yang ditanam pada tempat tinggi akan memudahkan saat waktu panen tiba dan lebih menjadi hangat di awal musim semi. Pastikan hindari penggunaan kayu yang dirawat dengan bahan kimia.

10. Teknik Berkebun Vertikal

Apabila kalian mempunyai area kebun yang kecil, kalian dapat menggunakan teknik berkebun secara vertikal. Nantinya, dengan menggunakan posisi ini dapat membantu memaksimalkan proses penanaman sayuran.

Menanam sayuran dengan metode vertikal memiliki keuntungan yaitu menjaga daun tanaman serta sayuran dari tanah, mencegah penyakit jamur dan dapat meningkatkan sirkulasi.

11. Rotasikan Tanaman

Salah satu teknik umum yang dilakukan para petani sayuran adalah merotasi tanaman dalam waktu setahun sekali. Hal ini dilakukan agar terhindar dari penyakit tanaman, menipisnya tanah dari nutrisi dan masalah hama.

Agar bisa mendapatkan kebun sayuran organik yang sehat dan hasil yang melimpah, perhatikan kebun kamu secara cermat sehingga hama dan penyakit lainnya langsung ditangani secara cepat dan pertimbangkan untuk melakukan penanaman pendampingan.

Beberapa Jenis Sayuran Organik yang Mudah dan Cocok di Pekarangan Rumah

1. Sayur Bayam

Tahukah kalian tokoh kartun popeye yang memiliki kekuatan setelah makan sayur bayam ? Hal tersebut dapat terjadi, pasalnya dalam sayur bayam terdapat kandungan vitamin-vitamin penting. Seperti, vitamin A, zat folat, flavonoid, dan pencegah kanker.

Sayur bayam memiliki rasa yang nikmat dimakan, tidak pahit dan biasa dimasak sebagai menu pendamping atau utama.

2. Sayur Sawi

Sayur sawi merupakan salah satu jenis sayur yang mudah dikonsumsi anak-anak bahkan sering digunakan sebagai campuran bahan makanan. Seperti, nasi goreng, capcay, mie goreng, dan masih banyak lagi. Sayur sawi sendiri memiliki kandungan serat, vitamin A, C, dan E yang dapat membangkitkan selera makan anakmu.

3. Sayur Kangkung

Sayur kangkung menjadi salah satu bisnis budidaya sayuran yang banyak digunakan. Sayur organik kangkung ini mempunyai kandungan vitamin A, C,dan B kompleks yang akan memberikan semangat dalam beraktivitas dan berenergi.

Proses penanaman sayuran kangkung juga  tidak membutuhkan waktu yang lama cukup 6 minggu setelah ditanam kemudian sudah dapat dipanen.

4. Cabai

Salah satu sayuran organik ini bebas dari pestisida dan agar menghemat dompet ketika harga cabai sedang mahal, kita dapat menanamnya sendiri di pekarangan rumah.

5. Tomat

Jenis sayuran organik selanjutnya adalah tomat. Sayur ini dapat digunakan sebagai peluang bisnis budidaya sayuran organik yang mudah dan cepat mendapat untungnya. Tomat organik pun awet dan tidak mudah busuk  jika didiamkan dalam waktu yang lama.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu