Ruang Lingkup Agroindustri

Ruang Lingkup Agroindustri – Agroindustri merupakan sebuah output akhir yang dimanfaatkan oleh para konsumennya untuk produk bahan dasar lainnya.Proses yang digunakan pada agroindustri yaitu dengan melakukan pengawetan dan perubahan melalui proses kimiawi dan fisik, lalu dikemas, disimpan dan didistribusikan.

Ruang Lingkup Agroindustri

Ruang lingkup agroindustri terdiri dari 2 faktor yaitu :

  • Hulu

Ini merupakan agroindustri pada sub sektor bidang industri yang dimana melakukan proses produksi peralatan, mesin,  serta sarana produksi pertanian yang terdiri dari pestisida, pupuk, herbisida dan masih banyak lainnya.

  • Hilir

Sebagai sub sektor bidang industri yang berperan untuk mengelola hasil pertanian seperti abon, ikan asin, minyak goreng, sayuran kaleng, ikan kaleng, dan lain sebagainnya.

Sebagai negara agraris, ternyata Indonesia membutuhkan sebuah transformasi ke arah industrial yang dimana bergerak pada bidang pertanian karena bidang industri pertanian dipercaya sebagai sektor yang diakui lebih unggul dari sektor lain untuk menuju sektor ekonomi yang lebih modern.

Fungsi Agroindustri

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dapat dipelajari dari tujuan agroindustri antara lain yaitu :

  1. Dengan adanya Industri pengelolaan maka keunggulan yang komparatif dapat diubah menjadi keunggulan kompetitif hingga berakhir pada penambahan daya saing pada produk agribisnis di Indonesia.
  2. Dibekali dengan nilai tambahan serta segmen pasar yang sudah berskala besar, dengan demikian kemajuan yang akan dicapai akan berpengaruh terhadap pertumbuhan sektor ekonomi nasional.
  3. Dapat membantu untuk menambah kemajuan pada sektor lain karena sudah tersedia hubungan yang besar dari hulu menuju hilir.
  4. Adanya bahan baku lokal yang dimana dapat terus diperbaharui sehingga terjamin substainabilitasnya.
  5. Secara nasional sudah dibekali kemampuan dalam mengubah struktur ekonomi, yang dimana berasal dari pertanian hingga menjadi industri, dan agroindustri sebagai penggeraknya.

Manfaat Agroindustri

Selain terdapat fungsi, agroindustri juga memiliki berbagai manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari agroindustri yaitu :

  1. Dengan adanya agroindustri maka dapat menambah informasi ataupun pengetahuan mengenai pengelolaan hasil pertanian seperti tanah, tanaman dan ternak.
  2. Dapat mengembangkan serta membangun berbagai macam ide yang berkaitan dengan agroindustri.
  3. Bisa mendapatkan ilmu lebih banyak mengenai agroindustri.
  4. Dapat membantu dalam menggunakan agroindustri sehingga dapat mengelola sektor pertanian dengan baik dan secara struktur.

Contoh Produk Agroindustri

Ada banyak dan bermacam – macam contoh agroindustri di negara Indonesia, berikut ini adalah beberapa contoh agroindustri yang terkenal di Indonesia.

1. Kakao atau Coklat

Di Indonesia produksi coklat dan tanaman kakao sudah diuji memiliki tingkat kualitas nomer 1 di dunia. Akan tetapi dalam sistem produksinya terdapat berbagai kendala perihal ketenagakerjaan pada bidang agroindustri. Namun kini berbagai agroindustri mulai banyak yang melakukan pengolahan kakao untuk diproduksi menjadi produk coklat yang dapat dinikmati seperti coklat monggo yang berada di DIY atau coklat chocodot yang berada di daerah garut jawa barat.

2. Buku atau Kertas

Sebagai salah satu kebutuhan yang penting dalam bekerja, kertas merupakan jenis bahan banyak dibutuhkan sehingga menjadi salah satu hambatan bagi agroindustri dalam mengoptimalkan bahan baku produksi dan pengelolaan limbah kertas hingga menjadi produk baru.

3. Minuman Cake atau Soda

Ini adalah salah satu minuman dengan harga yang terbilang murah dan dapat menyegarkan ketika diminum. Dalam pendistribusian minuman soda ini terbilang cukup baik sehingga minuman ini sangat dinikmati oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

4. Roti

Di Indonesia makanan yang satu ini sudah dijadikan sebagai snack untuk berbagai kalangan. Selain karena kemasannya praktis dan mudah dibawa bepergian, roti merupakan makanan cepat saji yang mudah dinikmati oleh banyak orang.

5. Ban atau Karet

Untuk di Indonesia kita bisa menemukan perkebunan karet terbesar di wilayah Kalimantan dan Sumatra, yang dimana penghasil karet yang didapatkan dari getah pohon tersebut memiliki keunggulan untuk di ekspor.

6. Gula

Gula merupakan bahan utama yang dipakai dalam memasak, Namun kini produksi gula tebu pada pabrik sudah sangat jarang ditemukan karena berkopetisi dengan produksi gula rafinasi. Untuk wilayah Indonesia, pabrik gula terbesar ada di daerah Yogyakarta tepatnya di Madukismo.

7. Mie Instan

Sebagai salah satu makanan banyak diminati oleh masyarakat , ternyata produk mie instan di Indonesia sudah banyak dipasarkan untuk wilayah luar negeri seperti Malaysia ataupun Hongkong dan terbilang banyak peminatnya

8. Kopi

Dunia ternyata sudah tahu dan sudah mengenal bahwa produksi tanaman kopi di Indonesia memiliki kualitas yang terbaik dari kopi negara lain, tidak hanya itu Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis kopi pada agrowisata yang sudah beredar di seluruh dunia seperti kopi luwak, kopi toraja, kopi gayu, dan masih banyak jenis kopi lainnya.

Peran Agroindustri

Selain fungsi, manfaat, dan contohnya, agrowisata juga memiliki peran yang baik. Berikut ini adalah peran dari agroindustri :

  • Agroindustri terbukti sebagai penggerak utama dalam berkembangnya sektor pertanian di Indonesia.
  • Adanya efek multiplier dari hulu sampai hilir
  • Dibekali dengan adanya sektor yang esensial dan besar kontribusinya dalam mewujudkan pembangunan ekonomi nasional
  • Dapat menciptakan kegiatan lain sehingga memperoleh nilai tambah.
  • Agroindustri juga memiliki peran yang penting dalam penyediaan pangan bermutu

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu