Tips Mengolah Sayuran Pakcoy

Tips Mengolah Sayuran Pakcoy – Karena bentuknya yang hampir menyerupai sendok, pakcoy sering disebut sebagai sayuran hijau yang menyerupai sawi sendok. Karena mudah dimasak, rasanya renyah, dan mengandung banyak nutrisi juga, tanaman sayuran ini cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, apabila Anda memasaknya tidak dengan benar, kandungan nutrisi di dalam sayuran pakcoy bisa menghilang.

Tips Mengolah Sayuran Pakcoy

Sayuran pakcoy juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang tinggi, lutein, zea khantin, dan beta karoten. Selain itu, di dalam pakcoy juga terkandung karotenoid yang berguna untuk mencegah katarak, degenerasi makula dan memperbaiki penglihatan mata.

Kandungan nutrisi lain yang juga bermanfaat bagi tubuh adalah vitamin B6 yang berfungsi menekan homosistein asam amino di dalam darah, vitamin K yang bertugas untuk pertumbuhan tulang dan menjaga metabolisme serta vitamin C yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, dll.

Tips Mengolah Sayuran Pakcoy

Ada juga kandungan glucosinolate selain vitamin yang dapat berubah menjadi isothiosinolate. Sudah terbukti, senyawa tersebut ampuh membunuh penyebab kanker. Sangat disayangkan apabila karena kesalahan pengolahan menjadi seluruh kandungan di dalam pakcoy berkurang, padahal kandungan nutrisi pakcoy sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa cara mengolah sayuran pakcoy yang benar, antara lain :

1. Dikukus

Dengan metode memasak dikukus ini dapat mempertahankan kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalam sayuran. Untuk memperkaya cita rasa sayuran, Anda bisa menambahkan minyak zaitun, bawang putih, dan lada. Karena sayuran pakcoy mudah matang meski dalam waktu pemasakan yang singkat, jadi pastikan untuk tidak mengukus terlalu lama.

2. Ditumis

Sama halnya dengan metode dikukus, metode memasak ditumis ini juga berguna untuk mempertahankan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Akan tetapi, perlu diingat hal itu akan berfungsi asalkan minyak yang digunakan tidak terlalu banyak. Sebaiknya Anda menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola, agar hasil masakan lebih sehat.

3. Dipanggang

Dengan cara dipanggang, Anda juga bisa memasak sayuran pakcoy. Agar hasil pemanggangannya lebih sehat, pemanggangan dapat dilakukan di atas kompor atau di dalam oven yang sudah diberikan minyak zaitun terlebih dahulu. Pemanggangan sayuran hanya perlu dilakukan hingga teksturnya lebih renyah dan sayuran berubah warna.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu