Ciri Biji Kopi Yang Baik

Ciri Biji Kopi Yang Baik – Kopi merupakan salah satu minuman yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Hampir semua kalangan menyukai kopi atau setidaknya pasti pernah meminum kopi. Kopi ini sering dijadikan minuman saat kita bersantai maupun saat kumpul – kumpul.

Ciri Biji Kopi Yang Baik

Sekarang kopi sendiri tidak hanya dijual dalam bentuk bubuk siap seduh saja, namun kini kopi juga dijual dalam bentuk biji kopi siap giling. Namun apakah Anda tahu ciri biji kopi yang baik dan siap giling sebelum membelinya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ciri biji kopi siap giling yang baik sebelum Anda membelinya :

1. Perhatikan Tanggal sangrainya
Sebelum Anda membeli biji kopi siap giling, pertama perhatikan kapan tanggal sangrai biji kopi tersebut. Hal ini merupakan hal yang penting, karena dengan mengetahui tanggal sangarainya maka Anda dapat memilih biji kopi yang masih fresh atau segar. Bila Anda membeli biji kopi yang masih fresh maka kopi yang Anda buat juga akan memiliki kualitas yang tinggi.

2. Mencium Aroma Biji Kopi
Sebelum membeli biji kopi ada baiknya Anda juga mencium aroma biji kopi tersebut. Bila Anda sudah terbiasa meminum kopi maka Anda akan tahu mana biji kopi dengan kualitas yang baik dan mana yang kurang, biji kopi yang baik akan mempunyai aroma khas kopi. Biji kopi dengan aroma yang tebal pasti akan mempunyai kualitas yang baik juga. Bila aroma ini tidak tercium maka biji kopi tersebut memiliki kualitas yang kurang dan sebaiknya Anda mengjindari yang seperti ini.

3. Pahami Kualitas Biji Kopi
Selain kedua hal tersebut, pemahaman tentang biji kopi yang baik juga akan memudahkan Anda dalam memilih biji kopi yang baik. Jika Anda tidak punya pemahaman yang baik Anda dapat mencari referensi terlebih dahulu baik bertanya ataupun dengan mencari tahu di internet. Kami juga memberi saran untuk bertanya di forum – forum pecinta kopi yang terdapat di internet untuk menambah wawasan Anda tentang kopi.

4. Lakukan Eksperimen dengan Biji Kopi Lain
Bila Anda yang tidak terlalu sering mengkonsumsi kopi mungkin dengan mencicipi satu jenis kopi saja Anda akan merasa cocok. Namun kami sarankan untuk mencoba beberapa jenis kopi agar Anda dapat membandingkannya dan dapat memilih mana biji kopi yang paling cocok dengan Anda. Selain dapat menentukan kopi yang paling cocok untuk Anda, hal ini juga akan menambah pengetahuan Anda tetang kopi.

5. Pastikan Kadar Air Biji Kopi
Kadar air biji kopi juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli biji kopi. Hal ini khususnya bila Anda akan membeli dalam jumlah yang banyak. Biji kopi dengan kadar air yang besar bila disimpan dalam waktu yang cukup lama akan menurunkan kualitasnya. Oleh karena itu pastikan biji kopi yang akan kita beli memiliki kadar air sekitar 8 – 10 %.

Biasanya para pengusaha atau industri pengolahan kopi akan menggunakan alat ukur kadar air atau moisture meter untuk mengukur kadar air biji kopi. Dan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat Anda dapat menggunakan Moisture Meter JV006 untuk mengukur kadar air biji kopi yang memang sudah terkenal keakuratannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *