Fakta Unik dari Jamur di Seluruh Dunia

Fakta Unik dari Jamur di Seluruh Dunia – Tidak ada habisnya bila sudah bicara mengenai jamur. Salah satu bahan pangan yang dikenal kaya akan nutrisi ini jarang diketahui oleh banyak orang tentang keunikannya. Berikut ini beberapa fakta unik jamur yang terkenal dengan rasa gurih dan lezat :

Fakta-Fakta Unik dari Jamur di Seluruh Dunia

Fakta Unik dari Jamur di Seluruh Dunia

1. Obat berbagai penyakit

Pada tahun 1368 hingga tahun 1644 tepatnya pada zaman dinasti Ming, terdapat jamur shitake yang dimanfaatkan tidak hanya sebagai bahan pangan, tetapi juga sebagai obat untuk mengatasi gangguan pada hati, saluran pernapasan, mencegah penuaan dini, memulihkan kelelahan, meningkatkan energi hingga melancarkan sirkulasi darah.

2. Jamur termahal di dunia

Tahukah Anda bahwa didunia ini terdapat jamur termahal yang ternyata dipegang oleh jamur truffle putih atau Tuber pico magnum. Saking harganya yang fantastis, menyebabkan jamur ini pernah diperjualbelikan seperti obat terlarang. Jamur termahal ini dapat ditemui di Semenanjung Istrian dan Kroasia, Emilia-Romagna, daerah Piedmont Italia serta di Tuscany dan Marches. Dengan bantuan anjing terlatih, jamur truffle putih ini bisa ditemui dan tumbuh di bawah tanah.

3. Cara mudah mengidentifikasi jamur beracun

Dengan menggunakan pisau perak, masyarakat Eropa memiliki kebiasaan mengerat jamur. Apabila jamur tersebut memunculkan warna biru atau hitam artinya jamur tersebut dapat dipastikan beracun. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang mengidentifikasi jamur dengan cara memepes jamur bersama nasi putih. Jika nasi berubah warna menjadi gelap artinya jamur tersebut beracun.

4. Tidak membutuhkan sinar matahari

Keunikan lain pada jamur adalah tidak seperti tumbuhan lain yang membutuhkan sinar matahari. Jamur ternyata tidak membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh. Dari sumber organik yang berada di sekitarnya, jamur dapat tumbuh. Selain itu, jamur sering disebut sebagai heterotrof karena tidak memiliki klorofil seperti tumbuhan lain.

5. Keunggulan untuk sistem kekebalan tubuh

Di dalam jamur shitake terkandung polisakarida yang bisa menstimulasi dan aktivasi makrofag. Makrofag sendiri adalah sel darah putih yang memiliki tugas melindungi tubuh dari infeksi. Oleh karenanya, jamur shitake ini juga dipercaya sebagai sebagai penambah sistem kekebalan tubuh yang bagus.

6. Ada kelompok yang tidak makan jamur

Terdapat beberapa kelompok yang tidak memakan jamur dan berbagai jenis bawang-bawangan seperti anggota lembaga internasional Krishna Consciousness yang berkembang di wilayah timur Eropa dan India. Mereka percaya bahwa jamur dan bawang bisa meningkatkan nafsu duniawi yang merusak.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu