Menanam Bawang Putih Secara Hidroponik

Menanam Bawang Putih Secara Hidroponik – Bawang putih memang kurang biasa ditanam secara hidroponik. Bawang ini kerap kali ditanam secara langsung di lahan. Namun, pada dasarnya jenis bawang ini dapat ditanam secara hidroponik, namun cara bertanamnya terbilang agak rumit serta membutuhkan tingkat ketelitian yang lebih tinggi dibanding menanam bawang putih dengan cara konvensional.

cara menanam bawang putih hidroponik

Tata Cara Menanam Bawang Putih Secara Hidroponik

Bawang putih yang ditanam secara hidroponik memerlukan perawatan yang lebih intens. Berikut merupakan ulasan langkah-langkah menanam bawang putih secara hidroponik, antara lain:

  • Memilih benih

Belilah benih di toko pertanian. Pastikan benih yang dibeli merupakan benih yang memiliki kualitas. Selian itu, juga dapat menggunakan benih yang berasal siung bawang putih yang sering digunakan untuk memasak. Umbi yang digunakan harus sehat serta tidak busuk. Satu siung bawang yang ditanam akan menghasilkan umbi bawang yang utuh.

Sebelum memindahkan bibit bawang ke media tanam hidroponik, dapat merendam setengah bagian segmen bawang dalam gelas, akan tetapi jangan merendamnya secara keseluruhan. Biarkan hingga akarnya muncul, kemudian bisa memindahkannya ke media tanam.

  • Media tanam

Bawang dapat ditanam dengan media tanam pertile, vermiculite, ataupun kombinasi keduanya, yakni potting soil. Selain itu, juga dapat menggunakan cocopeat. Tanaman bawang putih tidak dapat ditanam pada media yang solid seperti rockwool atau hidroton karena tanaman ini menghasilkan umbi. Media tanam yang digunakan harus memiliki kadar pH sekitar 6 hingga 6,5. Bawang memerlukan suhu yang sejuk, sekitar 15 hingga 25°C. Selain itu, tanaman juga memerlukan pencahayaan matahari selama 6 jam dan selebihnya tanaman memerlukan fase gelap.

  • Masa perawatan

Bawang putih termasuk tanaman yang jarang diserang hama karena tanaman ini memiliki aroma yang tidak disukai serta kandungan zat aktif yang dapat mengusir hama. Apabila dirawat dengan baik, tanaman dapat dipanen setelah berumur satu hingga dua bulan setelah tanam. Tanaman yang sudah siap dipanen akan terlihat separuh daunnya berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Bawang putih yang sudah dipanen harus digantung di tempat yang teduh dan diangin-anginkan selama 6 minggu.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Main Menu